Rabu, 21 Desember 2011

Cara Mengetik Tulisan Arab pada windows xp

  

     Kalian pasti tau dengan tulisan arab itu bagaimana, tapi apakah kalian pernah terpikir untuk menulis huruf arab pada PC kalian?, apakah bisa. jawabannya adalah bisa, tapi harus melalui tahap-tahap tertentu. ingin coba? ikuti tahap-tahap berikut








 1.    Yang pertama-tama kamu harus siapkan font arab dan CD Windows
download Font :disini



 2.    Klik Start > Control Panel dan akan muncul jedela baru disitu kamu pilih Date, Time, Language, and regional option..

 3.    Setelah itu kamu pilih Regional and Language options dan akan muncul jendela baru lagi disana kamu klik tab Languages baru kamu contreng pada Instal file  for complex script and right to left languages  (including Thai), jangan klik ok dulu.
1.  

4.    Masuk ke tab Advenced di menu code pageconversion tabels kamu contreng pada 10004 (MAC-Arabic) kemudian klik aplay dan ok.

5.    Bila ada perintah untuk memasukkan CD Windows, masukan CD Windows anda ke CD Room dan klik Ok, windows akan  melakukan copy file yang diperlukan. Jika ada perintah restart, restartkan saja.



6.    Masuk lagi ke jendela Regional and Language options


7.    Pada jendela yang muncul klik Add

8.    pada input languages pilih Arabic [Saudi Arabia] kemudian klik OK. klik OK lagi

 9.    Pada taskbar pastikan language bar telah muncul. Jika sudah muncul klik pada language bar kemudian pilih AR Arabic (Saudi Arabia)
10.   Sekarang anda sudah bisa mengetik arab di Ms Word. Agar tulisan dari kanan ke kiri aktifkan terlebih dahulu Right-to-Left Text Direction
 
11.   Sampai sini anda telah dapat menulis arab di Ms Word, namun untuk angka arabnya masih belum bisa. Untuk itu Klik Customize Quick Access Toolbar kemudian pilih More Commands.

12.   Pilih advance, pada panel sebelah kanan  cari Show document content. pada pilihan numeral ubah Arabic dengan Context dan klik OK
 Itu saja tutorial dari saya Terima Kasih
 

0 komentar:

Posting Komentar